Kritik Terhadap Tayangan “The Master”

Tayangan Final The Master Joe Sandy vs Limbad sudah berakhir dengan kemenangan Joe Sandy. Sebelum hasil sms diumumkan kedua finalis tersebut melakukan kolaborasi dengan Deddy Corbuzier dan Rommy Rafael. Acara berlangsung sangat atraktif, namun banyak keanehan dan kejanggalan pada acara tersebut.  Mau tahu?

1. Kolaborasi Deddy Corbuzier & Limbad

Pada tayangan tersebut Mereka berdua berusaha menyelamatkan seorang wanita yang ada dalam kurungan. Bila mereka terlambat, maka nyawa wanita tersebut dapat  terancam akibat bom waktu dan Deddy bilang bahwa itu serius.  Anehnya tidak tampak ketakutan sedikitpun pada wanita tersebut, bahkan tidak dijelaskan batas waktu bom tersebut. Kemudian aksi Limbad mendorong truk dengan kepala sama sekali tidak relevan dengan jalannya cerita. Dan kemudian setelah mereka berhasil menyelamatkan wanita tersebut, tampak asap dan ledakan kecil keluar dari kurungan tersebut. Ternyata cuma letusan petasan dan bukan bom seperti yang sudah dikatakan sebelumnya.

2. Kolaborasi Rommy & Joe Sandy

Permainan ini menggabungkan sugesti dan keakuratan prediksi.  Banyak sekali peserta yang ingin tampil ke depan, tapi anehnya mereka seperti memilih orang tertentu. Kejanggalan terjadi ketika ada seseorang yang berinisiatif langsung maju ke depan tetapi oleh Rommy langsung dicegah dengan alasan “jangan anda, anda terlalu bersemangat” (tulisan ini harus saya sunting karena mungkin saya salah setelah mendapat komentar langsung dari Joe Sandy). Joe Sandy berkata bahwa dia sudah menyiapkan jutaan data untuk membuat prediksi ini. Menurut saya ini agak muluk, tetapi ini tergantung pendapat anda karena Joe Sandy memang sudah menunjukkan kepandaiannya dalam berbagai pertunjukkan.

3. Kolaborasi Rommy & Limbad

Rommy mencoba membuat seorang wanita menjadi kuat karena hipnotis. Saya selalu merasa curiga (mungkin lebih tepat disebut dengan skeptis) bila Rommy memilih orang yang tampil ke depan. Dan saya menduga  bahwa wanita yang maju sudah dipersiapkan sebelumnya dengan pertimbangan bahwa permainan ini cukup berbahaya. Sorot mata wanita tersebut begitu tajam dan tidak seperti wanita yang lain yang tampak ketakutan, wanita ini sepertinya sudah siap sekali untuk maju.

4. Kolaborasi Deddy & Joe Sandy

Mereka berdua berhasil mencengangkan penonton dengan menjalankan kuda catur tanpa melihat. Menurut saya mereka sudah mempelajari pola langkah ini sebelumnya. Penampilan Joe Sandy yang terlihat gugup pada awal terkesan berpura-pura bahwa dia memang baru mengenal permainan ini sehingga tampak luar biasa pintar. Sebenarnya banyak anak kecil yang berlatih catur dapat bermain catur buta. Jadi pertunjukkan kemarin sebenarnya biasa-biasa saja. Banyak pertunjukkan Joe Sandy sebelumnya yang jauh lebih hebat dari ini.

Meski saya mengkritik acara ini, namun saya tetap salut buat Joe Sandy dan Limbad yang menyuguhkan atraksi menawan.  Saya cuma agak heran karena pembelaan Deddy Corbuzier terhadap kritikan acara ini yang penuh trik atau gaib. Bila bukan trik atau gaib, lantas disebut apa acara ini? Saya lebih senang bahwa acara ini adalah salah satu seni yang menghibur dengan keahlian khusus baik itu kecepatan tangan, permainan pikiran, ataupun eksplorasi kekuatan manusia dengan tenaga dalam, dan lain sebagainya.

Semoga kritikan ini dapat membuat penampilan para magician kita lebih baik dari sekarang, lebih kreatif, dan menghibur karena semakin sering acara ini ditayangkan, penonton pasti lebih kritis dan cerdas. Selamat buat Joe Sandy yang terpilih menjadi The Master. O ya yang membuat saya terkesan dengan Joe Sandy adalah kata-kata motivasi yang sering ia ucapkan setelah penampilannya.

21 Komentar

Filed under Kritik, Yang lagi rame

21 responses to “Kritik Terhadap Tayangan “The Master”

  1. chualim

    Sebelum seseorang mengalaminya langsung mungkin kita akan berpendapat demikian, jadi ngak ada salahnya dicoba sendiri.

    Salam kenal mas,
    saya ada sedikit info menarik bagi yang mau dapat uang dari internet, lihat aja tulisan saya berjudul Mau 0,45/jam, pembayaran lewat pos (check) atau lewat Paypal. Mas jg blh menyebarkan info ini pada teman2 mas. Thanks

  2. selaludidepan

    Itulah mentalis bung, kekuatannya yaitu mempengaruhi pikiran orang, dan itu semua emang trik, coba searching aja di google, banyak diulas bagaimana triknya dan alat2nya, bahkan waktu limbad dilindas stoom itu ada triknya di youtube. Bersyukurlah anda ngerti, karna org yg ngerti akan sulit dihipnotis.

  3. rodrymikhael

    Gak apa2 deh mas namanya juga acara hiburan yang penting bikin senang, logis-tidaknya itu urusan belakangan
    Ketimbang ngelihat acara lain isinya brantam mulu atau skandal pejabat dll..

  4. Anda Salah pada sa’at Kolaborasi Master Rommy & SAYA, Master Romy Tidak Ada Mencegah dengan alasan “jangan anda, anda terlalu bersemangat” Tetapi pada sa’at Kolaborasi Master Rommy & Limbad, Master rommy mengatakan itu . jadi bukan saya kalau tidak percaya coba di lihat rekaman ulangnya di youtube.

    • Wow, tidak saya sangka Joe Sandy meninggalkan komentar di blog ini. Maaf ya mas kalau saya kritik. Jujur sebenarnya dari awal saya sangat suka dan ngefans dengan pertunjukkan anda terutama bila anda menunjukkan perhitungan matematika. Cuma saya kecewa dengan kolaborasi kemarin, karena anda tidak tampil seperti biasanya tapi lebih didominasi oleh Deddy dan Rommy. Pertunjukkan yang paling saya suka adalah ketika anda menyusun puzzle, karna itu murni tanpa trik. Menurut saya trik-trik yang anda tunjukkan jauh lebih bagus dari yang lain termasuk dari Deddy dan Rommy. Menurut saya anda adalah magician yang sangat kreatif dan menampilkan pertunjukkan yang paling beda. Semoga kritik di atas tidak buat anda kecewa, tapi justru membuat anda semakin inovatif.. Selamat telah menjadi The Master dan sukses terus buat karirnya..

  5. Zaira

    Semoga Joe Sandy membaca comment ini:

    Selamat buat Joe.
    Anda memang berbakat menjadi seorang entertainer.
    Pesan saya untuk karir ke depan Anda. Jangan menonjolkan arogansi, dan mengekspos kelebihan2 trik anda. Memang kemampuan mengolah kata-kata dalam performance dibutuhkan bagi seorang mentalist -kalau tidak mau disebut pesulap- . Mungkin anda bisa menjadi seorang mentalist pertama di Indonesia yang rendah hati, bisa jadi masyarakat akan lebih menyukai anda (performance & personality).
    Tentunya ini lebih menguntungkan daripada jika masyarakat hanya menyukai performance Anda saja.
    Salut buat Joe! Semoga tambah inovatif dalam berkarya.

    By the way, mengapa ada “orang” yang lebih suka disebut sebagai “mentalist” daripada “pesulap”?
    Apakah pesulap ini kastanya lebih rendah daripada pesulap? Karena mereka sangat membanggakan kecerdasan mereka?

    Well, semoga Joe tidak termasuk dalam kategori “orang” ini
    Thanks.

  6. iyap. permainan yang biasa-biasa aja😀

  7. uh pedas😛
    bahkan orang yang dikiritik pun ampe ikut kasih komentar🙂

  8. Salam kenal.

    Boleh nambahin, di pertunjukkan yang dari season 2 (sulap memindahkan uang lima ribuan), nomor serinya bila diperhatikan berbeda dari yang di luar dengan yang di dalam ruangan. Tapi entah mengapa tidak banyak yang sadar ya?

  9. hhmm wah kalaus aya jarang nonton soale rebutan ma anak tuh..tapi saya suka mereka sih yang penting made in indonesia lah

  10. wah g’nyesel nonton kak joe ampe tengah malem
    kak joe…..
    kak joe kok pinter buanget sich ngitung’x, kasih tau aq donx kak cara’x. kak aku nge fans berat lo 5 kakak temen-temen aq juga fans berat lo 5 kakak aq 5 temenq pengen buanget ketemu kakak. kak aku baca dibeberapa situs katanya kaka belum nikah ya?????kenapa kak?????
    MOGA2 KAK JOE SANDY BACA INI…………..

  11. nice…ia buat joe sandy >.<

  12. J0e drug

    Ad bnyak hal yg sya dpt dr pertnjukan the master. . Trutma keinginan sy untk jauh lbh bnyak gunakan pkiran sya. . .Trmasuk jd kritis trhadap smua penampilan di the master. . . . Dn terlepas dr it sy memg kurg ska dg penampian j0e dg r0my, jd tertkepas dr ad trik at0 tdk pnampilan j0e ma dedy jauh lbh memukau. . Selamt bwt j0e saody

  13. arif

    itulah yang namanya entertainment setidaknya acara ini lebih mengentertain banyak orang daripada melihat acara debat partai atu berita koalisi pilpres yang sudah membosankan. Kita perlu penyegaran dan pencerdasan otak

  14. salam hangat buat master joe sandy
    selamat atas gelar master yang baru saja diraih oleh master joe…
    master joe….sebelumnya saya ingin konsultasi masalah pribadi dengan master joe….
    saya harap master joe dapat membantu saya dalam menghadapi masalah saya
    tolong balas email saya master joe….
    too_lose@yahoo.com
    salam hangat jhansen

  15. dennydarko_lover

    Gue lebih suka Denny Darko..

  16. Andri

    Segala sesuatu itu selalu ada kontroversinya, danada efek sampingannya. Contoh: Master Deddy orangnya pintar, tapi ada arogansi didalam setiap pembawaannya, artinya dia bisa membuktikan kalau bisa dan layak

  17. chadiira

    pokoknya joe sandy the best..
    selamat atas kemenangannya yaa..
    be the best..!!

Tinggalkan Balasan

