Twitter Mampir di Luar Angkasa

Ingin tahu seperti apa suasana di pesawat ulang-alik Atlantis yang kini sedang mengangkasa? Manfaatkan saja situs microblogging Twitter.

Ya, para astronout kini memang menggunakan situs tersebut untuk menyampaikan kabar dari Atlantis yang sedang melesat untuk memperbaiki teleskop luar angkasa Hubble.

Mike Massimino bertolak ke angkasa pada Senin bersama enam awak lainnya. Karena Twitter, veteran misi luar angkasa ini tetap bisa berhubungan dan menyampaikan kabar ke bumi.

“Tujuan berikutnya, orbit bumi!” Massimino, yang memiliki akun Twitter Astro_Mike menulis hal tersebut dalam catatan atau tweet terbarunya, beberapa jam sebelum mengangkasa.

Misi sekarang yang diberi kode STS-125 adalah penerbangan luar angkasa kedua baginya. Sebelumnya Massimino pernah berpartisipasi dalam misi perbaikan Hubble dan ketika itu dia melakukan dua kali jalan di luar angkasa.

Dia telah mengundang pembacanya, yang kini berjumlah 6.051 orang di Twitter, untuk mengajukan pertanyaan di situs video Youtube yang akan dijawabnya dari luar angkasa.

Misi Hubble kali ini adalah yang kelima dan operasi perawatan terakhir sebelum armada ulang-alik dipensiunkan.Jika berhasil, NASA menyebut perbaikan itu akan memperpanjang usia teleskop sampai lima tahun lagi atau lebih.

Teleskop itu diluncurkan ke orbit bumi pada April 1990, dan bisa menempuh jarak 8 Km per detik dan setiap orbit memerlukan waktu 96 menit. Penemuan penting darinya antara lain dapat menentukan tingkat ekspansi alam semesta, menentukan struktur sistem tata surya, serta mendeteksi molekul organik pertama di atmosfer sebuah planet yang mengorbit bintang lain. (Reuters)

Tinggalkan komentar

Filed under Ada Sains

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s