Ide Agar Harga Buku Menjadi Murah

Kemarin ada tulisan di salah satu blog yang isinya cukup menarik yaitu tentang kontroversi pembajakan buku. Seperti kita ketahui bahwa harga buku di Indonesia saat ini sangat mahal sehingga rakyat yang tidak mampu mau tidak mau terpaksa membeli buku bajakan agar tetap dapat menikmati pengetahuan. Namun hal ini tentunya berlawanan dengan undang-undang hak cipta. Saya menuliskan komentar di blog itu memberikan masukkan yang mungkin bisa dijadikan solusi.

Menurut saya ada beberapa cara untuk menurunkan harga buku dan membuatnya tetap terjangkau bagi kalangan kantung kempes (seperti saya juga hehehe…)

1. Setiap penerbit membuat dua versi cetakan yaitu cetakan orisinal dan versi ekonomis. Ide kreatif ini sudah dilakukan pada beberapa majalah komputer seperti PC Media dan PC Chip. Cetakan orisinal mengutamakan kualitas kertas dan penuh warna sehingga kalangan kantong tebal dapat menikmati dengan puas seluruh isi buku. Sedangkan versi ekonomis dicetak dengan mengurangi warna, memperkecil ukuran kertas, kertas yang lebih murah namun tanpa mengurangi materi dalam buku. Dengan demikian masyarakat berkantung tipis bisa tetap membeli buku asli dan pengarang tidak merasa dirugikan karena karyanya dijiplak.

2. Dulu saya pernah bertanya dalam hati mengapa harga koran yang terdiri atas banyak halaman dan luasnya jauh lebih lebar dari buku bisa dijual dengan harga ribua-an saja. Selain kualitas kertas, pihak koran mendapatkan keuntungan dari iklan. Mengapa pihak penerbit buku tidak mencoba cara seperti ini. Mungkin dengan menambah pemasukkan melalui iklan harga buku ditekan menjadi lebih murah.

Yah, ini sih cuma ide orang awam yang tidak terlalu mengerti seluk beluk dunia penerbitan. Mudah-mudahan ada usul yang cocok dan bisa direalisasikan. Menurut saya yang paling penting adalah adanya niat baik dari semua pihat untuk tidak mengejar keuntungan semata tetapi juga  mencerdaskan bangsa ini. Coba tengok upaya India baru-baru ini yang akan mengeluarkan laptop seharga tidak kurang dari dua ratus ribu rupiah (setelah dikonversikan ke rupiah) untuk kalangan anak sekolah! Laptop saja yang harganya jutaan bisa dijual dengan harga ratusan ribu rupiah, apalagi cuma buku!? Buat teman-teman yang lain yang mungkin punya ide lebih baik bisa kirimkan di postingan ini. Semoga ide-ide kita bisa turut membangun bangsa walau hanya dengan tulisan.

2 Komentar

Filed under Suara anak bangsa

2 responses to “Ide Agar Harga Buku Menjadi Murah

  1. Boleh juga tuh bos…beberapa emang udah ada yang brani masang iklan di buku2 umum/cerita…semoga ide bos bisa ditangkep orang2 penerbit….

    http://sendit.wordpress.com

  2. kalo iklan di buku kontrak kerjasamanya ribet boss, kalo koran khan harian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s