DPR Menempati Urutan Pertama Lembaga Terkorup Versi TII

DPR menempati rating pertama dalam lembaga terkorup versi Transparansi Internasional Indonesia (TII). Hasil tersebut mengambil alih posisi Kepolisian pada 2008 lalu yang menempati urutan teratas.
“Dalam riset global barometer 2009 korupsi tertinggi dengan skor 4,4 adalah di parlemen. Kemudian disusul oleh institusi peradilan dengan skor 4,1,” ujar Sekjen TII Teten Masduki, dalam paparannya, di Kafe Mario’s Place, Cikini, Jakarta, Rabu (3/6).

Sedangkan untuk urutan ketiga, tutur mantan Koordinator ICW itu, ditempati parpol dengan skor 4,0. Kemudian pegawai publik dengan skor 4,0 poin. Sementara sektor bisnis memeroleh skor 3,2 dan untuk media sekitar 2,3.

Kondisi tersebut, lanjutnya, sangat memprihatikan. Apalagi temuan survei juga sama dengan yang dihasilkan lembaga-lemabaga riset. Sehingga temuan tersebut diharapkan dapat menunjukkan opini masyarakat tentang korupsi di DPR sangat buruk.

“Tentunya hal ini harus menjadi agenda utama. Bagi anggota DPR yang saat ini dan juga bagi caleg yang baru. Yang saat ini sudah bersiap-siap untuk duduk kursi Senayan,” ujarnya.

Sehingga, ia mengharapkan, hasil survei tersebut dapat mendorong KPK menentukan arah pemberantasan korupsi selanjutnya. Namun, apakah pisau KPK mengarah ke empat institusi tersebut.

“Dan kalau kejaksaan diakui sangat susah untuk merubahnya. Jadi sipil dan media dengan acuan GCB bisa melihat arah pemberantasan korupsi,” imbuhnya.

Survei dilakukan kepada 500 responden. 300 Responden di Jakarta, sedang sisanya di Surabaya. Kriteria responden adalah warga yang berusia 16 tahun ke atas.

Pengumpulan data dilakukan antara 11-20 November 2008. Selain di Indonesia, survei ini juga dilakukan di 69 negara.

Sumber: Inilah.com

1 Komentar

Filed under Ada yang baru

One response to “DPR Menempati Urutan Pertama Lembaga Terkorup Versi TII

  1. karim

    memang DPR berisi 55% koruptor, negoisasi privat semangt d perjuangkn, klo untuk rakyat tidak.. malah selalu d pending… bagaimana indonesia mau bangkit… parlemen saja nmor satu korupsinya… gila benar….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s