Bus Way atau Busyet Way

Pembangunan bus way sudah mengalami kontroversi sejak awal, dan kini setelah beberapa tahun sejak dibangun, masih ada kritik dan protes dimana-mana. Banyak sekali laporan tentang kecelakaan sepanjang jalur bus way, jalur bus way yang dipakai oleh kendaraan pribadi atau umum, halte bus way yang sudah tidak terawat, dan banyak keluhan lainnya.

Hampir setiap pagi saat berangkat kerja saya berkendara motor melewati jalan pasar minggu-mampang. Ketika sampai di perempatan mampang saya akan belok ke kanan ke arah cawang. Sungguh sangat menyebalkan karena banyak sekali kendaraan mobil dan motor yang ada di jalur bus way yang ada di sisi kanan saya. Yang membuat saya kesal bukan ulah mereka yang tidak tertib memakai jaur bus way, itu urusan mereka dengan polisi yang seakan tidak mampu melarang mereka, entah  untuk memperbaiki citra polisi yang asal main tilang, atau karena jumlah pelanggar yang sangat banyak. Yang saya sesalkan adalah resiko terjadinya kecelakaan antara saya yang hendak belok ke kanan dengan pengendara di jalur bus way yang ingin melaju lurus ke depan sehingga posisi kami saling berpotongan.

Bila dilihat dari tujuan awal pembangunan bus way untuk mengurangi kemacetan, saya lihat upaya ini kurang berhasil. Bahkan saya melihat bus way sekarang sudah menjadi “BUSYET WAY”. BUSYET  ada motor melaju kencang ke depan tanpa menghiraukan pengendara lain yang hendak belok; BUSYET karena  saya juga pernah naik bus ini juga dan pernah menunggu sampai satu jam ditambah lagi harus berdesak-desakan; BUSYET karena jakarta tetap saja macet sampai sekarang.

Tinggalkan komentar

Filed under Kritik

Tinggalkan Balasan

